Pengertian tobat menurut Alkitab

Tema: pengertian tobat menurut Alkitab

Tanggapan terhadap posting “Skandal sex: masa lalu Yehuda dan Tamar

Tanya

Coba pelajari lagi pengertian Tobat !

 

Jawab

Saya tidak tahu apa definisi tobat Anda, tapi saya tahu arti “tobat” dalam Alkitab. Berikut ini hasil penyelidikan saya mengenai makna “tobat” dalam Alkitab.

Kata “tobat” digunakan sebagai padanan kata שׁוּב ‘šûv’ dalam Alkitab bagian Perjanjian Lama dan kata μετανοεω ‘metanoeō’ (kata benda), μετανοια ‘metanoia’ (kata kerja), dan kata επιστρεφω ‘epistrefō’.

Arti kata:

  • Kata שׁוּב ‘šûv’ berarti: berbalik arah, kembali
  • Kata μετανοια ‘metanoia’ berarti: perubahan pikiran
  • Kata μετανοεω ‘metanoeō’ (kata benda) berarti: ‘berubah pikiran’.
  • Kata επιστρεφω ‘epistrefō’ berarti: kembali

Dari 3 kata tersebut dapat diketahui bahwa tobat adalah kondisi saat manusia berubah pikiran, berbalik, dan kembali ke arah sebelum berbuat dosa, yaitu kembali ke Tuhan, kemudian pertobatan pikiran tersebut diikuti dengan perubahan pada riil (perbuatan, sikap, perkataan). Emosi penyesalan bukan unsur utama dari suatu pertobatan, walau hal itu sering terjadi.

Ilustrasinya, jika Anda sebelumnya berjalan ke arah utara lalu Anda menyesal, berubah pikiran, dan berbalik arah ke selatan menuju ke titik sebelum Anda berjalan ke arah utara, maka titik Anda menyesal, berubah pikiran, dan membalikkan badan adalah titik pertobatan tersebut.

Pertobatan

Pertobatan di awali dari pikiran, hati, dan pengakuan bahwa jalan yang ditempuhnya sebelumnya keliru, lalu berbalik arah ke jalan yang benar, yaitu: Jalan Lurus Tuhan


Kata kunci: pengertian tobat, definisi tobat, μετανοια, μετανοεω, επιστρεφω, שׁוּב

6 thoughts on “Pengertian tobat menurut Alkitab

  1. KITAB YESAYA: Tuhan bersuit. (Bagaimana suara suitan Tuhan?)
    5:26 Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat!

    7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.

    =11. KITAB ZAKHARIA: Tuhan bersiul.
    10:8 Aku akan bersiul memanggil mereka dan Aku akan mengumpulkan mereka, sebab Aku sudah membebaskan mereka, dan jumlah mereka menjadi banyak seperti dahulu.

    =12. KITAB YEREMIA: Tuhan mengaum.
    25:30. Dan engkau ini, nubuatkanlah segala firman ini kepada mereka. Katakanlah kepada mereka: TUHAN akan menengking dari tempat tinggi dan memperdengarkan suara-Nya dari tempat pernaungan-Nya yang kudus; Ia akan mengaum hebat terhadap tempat penggembalaan-Nya, suatu pekik, seperti yang dipekikkan pengirik-pengirik buah anggur, terhadap segenap penduduk bumi.

    =13. KITAB YESAYA: Tuhan mencukur.
    7:20 Pada hari itu dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga.

    =15. KITAB 2 SAMUEL: Tuhan naik kerub.
    22:11 Ia mengendarai kerub, lalu terbang, dan tampak di atas sayap angin.

    =16. KITAB YESAYA: Tuhan memekik, mengerang, mengah-mengah, dan megap-megap.

    42:13. TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur; Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.
    42:14. Aku membisu dari sejak dahulu kala, Aku berdiam diri, Aku menahan hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap.

    =17. KITAB HOSEA: Tuhan menyuruh melacur.
    3:1. Berfirmanlah Tuhan kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti Tuhan juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."

    Al-Qur'an:

    QS.2:255. Allah, tidak ada tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya, Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.

    1. :D
      Ah itu kan banyak plesetan makna saja hehehehehe
      Contohnya, penggunaan kata "bersuit", "bersiul", "memanggil", dsj itu kan majas antropomorfisme. Penggunaan gaya bahasa majasi dalam kitab-kitab tersebut wajar-wajar karena Alkitab ditulis menggunakan gaya bahasa sastra,.

      Begitu pula ga bahasa majasi "Tuhan mencukur"… Itu kan kl dibaca seluruh konteks menunjukkan Tuhan membuat Asyur menyerang dan tentara kerajaan Asyur membabat habis pasukan Israel tanpa pandang bulu. Sebenarnya hanya dengan membaca kontekspun dapat diketahui bahwa maksud gaya bahasa majasi itu "membabat tanpa pandang bulu". Andai tidak gemar memplesetkan ayat-ayat Alkitab, sebenarya Alkitab itu mudah dipahami.

      Contohnya lagi, mencintai pelacur itu kan mencintai satu pelacur saja. Dan ketika si pelacur itu mau dinikahi oleh nabi, maka pertanda pelacur itu mau mendengarkan Firman Allah. Pelacur yang mendengarkan firman Allah itu kan pelacur bertobat.

      Akan saya jawab satu per satu plesetan makna tersebut di atas nanti pada posting-posting tersendiri. Ada baiknya Anda copy kan ini di blog saya, karena kl di fb akan hilang seiring timeline, sedangkan kl dimasukkan komentar akan tersimpan di server.

      Satu hal yang perlu Anda ketahui, Alkitab itu ditulis dengan gaya sastrawi, ada yang sya'ir/ puisi, nyanyian, ada yang prosa. Sehingga gaya bahasa yang dipake itu bukan gaya bahasa teknis, melainkan gaya bahasa sastrawi yang bersayap dan kaya makna.

  2. Mungkin disini, nyambung dengan topiknya "TOBAT"

    Dari tulisan anda diatas, Yehuda belum dikatakan bertobat, ayat yang dijadikan alasan anda boleh jadi baru pada tahap pengakuan atau penyesalan (Kejadian 38:26), sementara riilnya sama sekali belum diwujudkan oleh Yehuda. Terpaksa atau tidak harus diakui karena buktinya sangat jelas tidak bisa disembunyikan lagi.

    Selain dosa berjinah (Sex), ada dua dosa/kesalahan yang dilakukan Yehuda:
    1. Yehuda berjanji kepada Tamar akan menikahkannya dengan Shela anaknya, sehingga membuat Tamar merasa dendam dan melakukan tipu muslihat menjerat Yehuda. Dosa tidak menepati janji.
    2. Tidak jadi membakar Tamar (Kejadian 38:24) hanya karena setelah tahu yang berbuat adalah dirinya. Dosa tidak melaksanakan lisannya sendiri.

    Tambahan Dosa ada 2 macam
    1. Dosa terhadap Tuhan, cukup bertobat seperti uraian anda diatas.
    2. Dosa terhadap sesama manusia tidak cukup bertobat seperti uraian anda diatas. Selain bertobat kepada Tuhan harus meminta maaf kepada sesama manusia lagi. Kalau tidak, belum dikatakan bertobat. Contohnya dosa janji Yehuda terhadap Tamar untuk menikahkannya dengan Shela anaknya. Akibatnya satu dosa melahirkan dosa-dosa yang lainnya.

  3. Fitnah terhadap Alkitab
    17. KITAB HOSEA: Tuhan menyuruh melacur.
    3:1. Berfirmanlah Tuhan kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti Tuhan juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."
    Jawab
    Fitnah terhadap kitab Hosea sudah saya jawab dalam posting http://natal25desember.com/alkitab/perintah-menci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>