Pertobatan Yehuda dan Tamar

Tema: menyinggung tentang pertobatan dan kapan Yehuda dan Tamar bertobat.

Tanggapan terhadap posting “Skandal sex: masa lalu Yehuda dan Tamar

Tanya

Kapan Yehuda dan Tamar bertobat?

Jawab

Titik balik Yehuda atau pertobatan Yehuda tersirat dalam Kejadian 38:26

Yehuda memeriksa barang-barang itu, lalu berkata: “Bukan aku, tetapi perempuan itulah yang benar, karena memang aku tidak memberikan dia kepada Syela, anakku.” Dan ia tidak bersetubuh lagi dengan perempuan itu. (Kejadian 38:26)

Anda salah jalan, berbaliklah.

Anda salah jalan, berbaliklah.

Pada ayat ini, Yehuda menyatakan bahwa dirinya tidak benar, dengan kata lain, Yehuda mengakui bahwa dirinya salah, dan dia merasa bersalah dengan hal itu. Selain mengakui bahwa dirinya salah, Yehuda juga memutuskan untuk tidak bersetubuh lagi dengan Tamar. Di sini Yehuda menunjukkan tanda pertobatan, yaitu: mengakui kesalahan dan berbalik arah untuk tidak lagi berbuat dosa.

Indikasi titik balik Tamar adalah kelahiran anaknya. Hal ini dapat kita lihat dari pemberian nama זרח yang berarti bersinar, seperti pada peristiwa terbitnya matahari pada pagi hari. Sebelumnya terbitnya matahari tersebut, hidup Tamar adalah gelap, sedangkan setelah terbitnya matahari itu, hidup Tamar adalah terang. Ini menunjukkan kelahiran anak tersebut menjadi titik balik Tamar untuk berbalik arah dan kembali ke jalan yang benar.


Kata kunci: Yehuda dan Tamar tobat, Zerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>