Jadi Teladan Dalam Perbuatan Baik

Tema: “Menjadi teladan” adalah kalimat sederhana yang tidak mudah dilakukan, meskipun hal itu bukan hal yang mustahil. Dengan berusaha menjadikan kebaikan sebagai sifat atau tabiat kita, maka peluang untuk menjadi teladan yang baik jadi lebih besar.

Bacaan: Titus 2:7

dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu

Seberapa pentingkah teladan bagi generasi yang lebih muda? Simak video berikut ini:

Melihat peran penting teladan itu, maka wajar bila Alkitab memerintahkan agar kita menjadikan diri kita sendiri sebagai teladan dalam berbuat baik.

Menjadi teladan perbuatan baik bagi orang lain tidaklah mudah. Misalnya, terkadang kita sudah memberi teladan banyak perbuatan baik. Tapi semua itu tak terlihat orang lain akibat sedikit perbuatan buruk kita. Dan justru yang buruk itulah yang kemudian ditiru oleh orang lain.

Menjadi teladan atau contoh bagi orang lain bisa menjadi beban bagi kita, karena pastinya kita harus bersikap seturut dengan hal seharusnya, tidak boleh melenceng atau salah. Contohnya ketika seorang ibu yang menginkan anaknya agar tidak suka berbohong, pasti si ibu pun harus menakukan hal yang sama dengan selalu betindak jujur. Sehingga anaknya tahu bagaiman berlaku jujur dalam kesehariannya.

Yunior cenderung meneladani senior.

Yunior cenderung meneladani senior. Perbesar gambar

Adakah cara agar kita bisa menjadi teladan tanpa merasa terbebani dengan beratnya menjadi teladan? Ada, yaitu dengan cara menjadikan perbuatan dan perkataan baik itu sebagai sifat kita sendiri. Bila kebaikan sudah menjadi sifat atau tabiat kita, maka tanpa terbebani dengan perkataan “jadilah teladan” pun secara otomatis sudah menjadi teladan.

Menjadi teladan seturut dengan kehendak Kristus berarti kita juga harus berlaku layaknya Kristus telah telah menjadi teladan bagi kita, seperti yang terdapat dalam 1 Petrus 2: 21-23.

21  Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

22  Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.

23  Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. (1 Petrus 2:21-23)

Dalam ayat-ayat tersebut disebutkan bagaimana caranya agar kebaikan menjadi sifat atau tabiat kita, sehingga jadi teladan bagi orang lain tidak terasa membebani, yaitu:

  1. tidak berbuat dosa (berjuang sekuat tenaga untuk tidak berbuat dosa)
  2. tidak ada tipu daya (jujur)
  3. tidak membalas caci maki dengan caci maki
  4. saat dibuat menderita oleh orang lain, tidak mengancam, tapi menyerahkan sepenuhnya kepada Allah

Dan jangan pernah meragukan dirimu untuk menjadi teladan, terlebih lagi membiarkan orang lain menilai kamu rendah karena tidak bisa memberi teladan akibat faktor usia (1 Timotius 4: 12).

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. (1 Timotius 4:12)

Ayat ini menunjukkan bahwa generasi muda dapat menjadi teladan, karena dengan menjadi teladan, maka seorang muda tidak dinilai rendah oleh generasi yang lebih senior. Bahkan biasanya senior akan memuji yunior yang bisa jadi teladan bagi para seniornya.

Menjadi teladan bukan sesuatu yang muluk yang ada di awan-awan. Kita dapat mulai jadi teladan dari hal-hal kelihatan sederhana, misal, jujur, tidak mencontek, tidak berkata kasar, menolong orang yang tertimpa kemalangan, gotong-royong, sopan dan hormat kepada orang lain, tidak mengumpat a*****, b***, f***, dsj, dan masih banyak lagi hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengawali tindakan menjadi teladan.

 


Kata kunci: cara sederhana, jadi teladan, perbuatan baik

One thought on “Jadi Teladan Dalam Perbuatan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>