Bayi meninggal masuk surga atau neraka?

Tema: membahas bayi meninggal masuk ke mana, apakah ke surga atau ke neraka.

Tanya

Kalau masih bayi/ baru lahir dan tak lama meninggal.. kira-kira bayi ini masuk surga atau neraka?

Jawab

Jawaban pertanyaan ini sudah pernah disinggung dalam posting berjudul “Dosa Warisan???” pada bagian yang berbunyi begini:

Walau Sang Dosa menyuruh berbuat dosa, bila manusia tidak mau menturuti perintahnya, maka manusia itu tidak akan berdosa.

Raja dosa bagaikan monster

Raja dosa bagaikan monster

“Sang Dosa” adalah majas personifikasi untuk kecenderungan hati berbuat dosa. Kecenderungan hati berbuat dosa diturunkan secara genetis. Pasca Adam, tidak ada satu orang pun, dari bayi baru lahir hingga kakek-nenek, yang tidak mempunyai kecenderungan hati berbuat dosa (Kejadian 6:5). Semua orang kecenderungan hati ini.

Ketika ALLAH melihat, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segalakecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata. (Kejadian 6:5)

Pembuktian empiris mengenai keberadaan kecenderungan hati berbuat dosa tercantum dalam posting tersebut.

Sekalipun pun manusia punya kecenderungan hati berbuat dosa dan kecenderungan hati berbuat dosa (“Sang Dosa”) tersebut menyuruh manusia berbuat dosa, namun bila manusia itu tidak menuruti perintahnya, maka manusia tersebut tetap tidak berdosa. Contohnya, Isa Al-Masih. Manusia Isa Al-Masih juga mempunyai kecenderungan ini, namun Isa tidak menuruti perintah “Sang Dosa”, sehingga manusia Isa tidak berbuat dosa, maka manusia Isa tidak berdosa.

Bagaimana dengan bayi?

Bayi juga sama saja. Sekalipun ada kecenderungan hati berbuat dosa atau potensi untuk berbuat dosa, namun bayi tidak berbuat dosa, karena kecenderungan hati tersebut belum berkembang dan karena bayi tidak punya kemampuan untuk menurut potensi tersebut.

Contoh: bayi yang marah pada ibunya tidak sampai mengakibatkan dosa. Hal itu misalnya saja dikarenakan bayi belum punya kosakata kotor, misal, umpatan “anjing”, untuk mengumpat ibunya. Kemarahan bayi paling banter hanya berupa tangis atau gerakan tubuh yang ekspresif.

Jadi, bayi yang meninggal akan masuk ke surga.


Kata kunci: masuk surga, masuk neraka, bayi meninggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>