Tempat & Cara Yudas Mati

Tema: Posting ini mendiskusikan mengenai cara Yudas mati berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Matius (Matius 27:5) dan Lukas (Kisah 1:18). Tradisi lisan menjembatani informasi dua orang penulis kitab tersebut.

Tanya

Mau nanya, bagaimana cara matinya Yudas? Apakah menggantung diri (Matius 27:5) ataukah jatuh tersungkur, sehingga perutnya terbelah dan isi perutnya ke luar (Kisah  1:18)? Mana yang benar? Dan di mana tempat matinya Yudas Iskariot?

Jawab

Keduanya benar.

Mat 27:5 menceritakan cara Yudas Iskariot mati adalah menggantung diri.

Di mana Yudas menggantung diri? Matius 27:7-9 merujuk ke kitab Yeremia. Kitab tersebut menceritakan tentang lembah Ben Hinnom or Tofet yang akan menjadi kuburan (Jeremiah 19:2,11,14). Yudas Iskariot mati dan dikuburkan di tempat ini.

Lembah Ben-Hinom. Foto diambil dari atas dinding lembah yang curam itu.

Lembah Ben-Hinom. Foto diambil dari atas dinding lembah yang curam itu.

 

Lembah Ben Hinom dilihat dari atas tebing. Pemandangan modern tidak mengubah secara signifikan kontur permukaan tanah.

Lembah Ben Hinom dilihat dari atas tebing. Pemandangan modern tidak mengubah secara signifikan kontur permukaan tanah.

Ben Hinnom adalah sebuah lembah yang curam dan dalam. Lembah tersebut berlokasi di luar tembok kota Yerusalem kuno, yaitu di dekat jalan masuk ke Yerusalem melalui Pintu Gerbang Beling (satu dari 12 pintu gerbang kota Yerusalem kuno).

Menurut tradisi lisan yang berasal dari jemaat Kristus abad pertama, mayat Yudas jatuh ke dalam lembah karena tali yang digunakan untuk gantung diri putus. Mayat yang jatuh ke lembah curam tadi perutnya robek dan isi perutnya terburai karena terkena bebatuan yang runcing. Tradisi lisan tidak mengisahkan penyebab tali itu putus dan berapa lama mayat Yudas tergantung pada tali itu sebelum pada akhirnya tali itu putus. Kematian Yudas akhirnya diketahui oleh penduduk kota Yerusalem (Kisah 1:19). Lukas menguatkan tulisannya dengan menjadikan para penduduk kota Yerusalem yang hidup pada saat peristiwa itu terjadi sebagai saksi kebenaran atas apa yang dituliskannya mengenai cara Yudas mati.

Matius 27:5 dan Kisah 1:18 menyampaikan informasi yang berbeda kepada kita mengenai kematian Yudas Iskariot. Meskipun demikian, perbedaan-perbedaan informasi tersebut adalah perbedaan yang saling melengkapi sehingga gambaran yang kita peroleh mengenai kematian Yudas jadi lebih lengkap. Perbedaan informasi tersebut bukan perbedaan yang saling mengkontradiksi, melainkan perbedaan yang saling melengkapi.

Simpulan

  1. Tempat Yudas mati adalah lembah Ben Hinom.
  2. Cara Yudas mati adalah gantung diri.

Kata kunci: Cara Yudas mati, Yudas, Ben Hinnom, Yerusalem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>